Album

Kamis, 03 Maret 2011

Pengembangan Profesionalisme Kerja


Pengembangan Profesionalisme Kerja
Ditulis oleh : Hamka Hasyim

              Pengembangan profesionalisme kerja dapat dicapai dengan mengembangkan strength of knowledge, yaitu pengembangan profesionalisme melalui proses belajar secara berkesinambungan. Semua orang tahu bahwa kekuatan pengetahuan adalah suatu kekuatan dasar yang penting untuk dapat bekerja secara profesional. Oleh karena itu dengan semakin meningkatnya pengetahuan ktia maka semakin meningkat pula profesionalisme yang dapat kita perlihatkan. Dengan memiliki kekuatan tersebut, kita dapat memancarkan kekuatan diri dan memiliki kemampuan daya tangkap serta pemahaman mendalam menyangkut baik bidang kerja maupun pengetahuan secara global.
              Kekuatan lain adalah strength of attitude, yaitu kekuatan yang dibutuhkan dalam rangka pengembangan profesionalisme melalui analisis diri dan pengembangan sikap kerja positif. Kekuatan ini dapat mendorong kita untuk selalu memperhatikan penampilan diri dalam pekerjaan sehari-hari, mempunyai sikap terbuka, terus terang dan penuh antusiasme.
              Selanjutnya kita pun membutuhkan strength of action, yaitu suatu kekuatan yang dibutuhkan dalam rangka pengembangan profesionalisme kerjaa melalui sistem kerja yang lebih terpola, sesuai dengan etika yang berlaku dan memberikan hasil nyata. Hasil yang dapat dipetik dari pengembangan kekuatan ini adalah: kemampuan “melayani” orang dan “menyenangkan” orang lain.
              Pengembangan profesionalisme kerja selanjutanya dapat ditempuh melalui pembentukan jalinan kordinasi dan komunikasi vertikal dan horizontal secara bijaksana. Dengan demikian kita dapat mengembangkan strength of relationship.
Kekuatan lain adalah strength of trust and understanding. Kekuatan ini dapt dipergunakan dalam pengembangan profesionalisme kerja melalui pembentukan trust dan understanding secara vertikal, horizontal dan lateral, sehingga dengan demikian kita dapat memiliki kemampuan “memahami” perasaan orang lain dan memiliki perhatian mendalam terhadap lingkungan sekitar kita.

Kelima pola tersebut dapat dicapai melalui pola pengembangan sebagai berikut:
1.
SELF OBERVATION & ANALYSIS

Mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam melaksanakan peran strategis, teknis dan pendukung.
2.
SELF PREPARATION

Mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk memulai perubahan.
3.
SELF DETERMINATION

Membentuk keyakinan diri mengenai kapasitas atau kemampuan untuk berkembang.
4.
SELF LEARNING

Belajar dari pengalam diri sendiri, dan dari pengalaman orang lain atau dari role model positif yang dimiliki.
5.
SELF PLANNING

Merencanakan program peningkatan profesionalisme kerja.
6.
SELF ACTION

Melaksanakan program peningkatan profesionalisme kerja secara konsisten.
7.
SELF MONITORING

Melakukan monitoring progress dan evaluasi perbaikan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar